Pj Bupati Mimika Mulai Bekerja, Aser Gobai: Mayoritas OAP Dukung

aser_gobai_dukung_penjabat_bupati_mimika
Pj Bupati Mimika saat tiba di bandara Avco Moses Kilangan Mimika

Mimika | Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Mimika, Aser Gobai, menyambut baik kedatangan Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito.

Dikatakan Aser, warga Mimika dari mayoritas Orang Asli Papua siap bekerja sama dengan Pj Bupati Mimika untuk memajukan daerah Kabupaten Mimika dari berbagai aspek.

"Demi kesejahteraan dan tingkat kebahagiaan masyarakat, karena hal ini yang masih menjadi persoalan yang tidak mendapat perhatian serius selama ini," kata Aser melalui telepon suara aplikasi whatsapp, Selasa (27/6/2023).

Soal pendidikan, kata Aser, masih menjadi satu persoalan mendasar yang perlu mendapat perhatian Pj Bupati Mimika.

"Untuk itu, kami berharap kepala daerah yang ada dapat menaruh perhatian serius untuk ini (pendidikan), terlebih kepada orang asli Papua yang kedepannya menjadi pemimpin di negerinya sendiri," tutur Aser.

Aser sangat berharap agar Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, dapat menaruh perhatian serta membuat kebijakan yang berpihak kepada orang asli Papua.

"Karena banyak yang bilang kami orang Papua sulit maju karena malas dan stigma negatif lain, padahal kenyataannya warga Mimika dari orang asli Papua jarang ada yang diberikan kesempatan dan tanggung jawab dengan kontrol serius dari pemerintah sendiri," terang Aser.

"Sehingga kepercayaan diri warga orang asli Papua jadi down (menurun) karena sering dianggap remeh oleh pembuat kebijakan sebelumnya," sambungnya.

Aser berharap Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito bisa berani menunjukan keberpihakannya, terhadap daerah dan warga Kabupaten Mimika.

"Secara khusus warga suku Amungme dan Mimika Wee (suku Kamoro) selaku warga asli dan 5 suku kekerabatan," ucapnya.

Warga 7 suku, kata Aser, cukup banyak yang tidak mendapat perhatian Pemda selama ini. Baik yang di pesisir pantai, di gunung dan di pedalaman.

"Yang dipinggiran kota saja tidak mendapat perhatian, bagaimana dengan yang jauh di pesisir, pedalaman dan di atas gunung," tutur Aser.

Aser meyakini, stigma negatif yang selama ini terbangun tentang Orang Papua akan dipatahkan berkat dukungan Pj Bupati Mimika yang baru saja menjabat dan mulai menjalankan tugas di Kabupaten Mimika.

"Saya yakin, dengan dukungan beliau (Valentinus Sudarjanto Sumito), pikiran negatif tentang orang Papua akan terpatahkan karena beliau datang dengan harapan-harapan yang baru untuk orang Papua," ujarnya.

Menurut Aser, Valentinus Sudarjanto Sumito adalah harapan baru bagi daerah dan warga Mimika khususnya Orang Asli Papua.

"Jadi, bagi saya, kehadiran Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito juga menghadirkan harapan yang baru untuk Timika dan semua kehidupan yang ada," kata dia.

Selain itu, Ketua DPD NasDem yang juga Anggota Komisi B DPRD Mimika ini mengakui secara aturan DPRD Mimika tidak memiliki hak untuk mengusulkan nama pengganti Plt Bupati Mimika.

"Karena hal itu tertuang dalam Pasal 83 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pasal tersebut mengatur bahwa kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD karena didakwa melakukan tindak pidana korupsi berdasarkan register perkara di pengadilan," tandasnya. | ED

Posting Komentar

0 Komentar