Pemkab Biak Numfor Ajak Mahasiswa Perangi Hoax di Media Sosial

mahasiswa_biak_numfor_mengikuti_workshop_jurnalistik_di_biak
Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kabupaten Biak dan Supiori mengikuti workshop jurnalistik di Biak, Senin (10/4/2023) | foto:antara

Biak | Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak warga dan kaum intelektual muda mahasiswa untuk mewaspadai informasi bohong atau hoaks yang belakangan beredar di media sosial terkait informasi di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

Wakil Bupati Biak Calvin Mansnembra berharap mahasiswa di Kabupaten Biak Numfor tidak gampang tersulut setiap informasi yang beredar di media sosial.

 "Saya harap, mahasiswa sebagai intelektual muda jangan mudah terpengaruh dengan informasi berita yang tidak diketahui keabsahannya menyoroti sesuatu yang tidak punya sumber informasi yang jelas," ujar Wakil Bupati Biak Calvin Mansnembra kepada wartawan seusai membuka lokakarya jurnalistik bagi 100 mahasiswa di Biak, Senin.

Masyarakat Kota Biak, kata Wabup Calvin, memiliki kekurangan tentang cara mencegah penyebaran hoaks. Menurutnya, masyarakat belum menyadari bahaya hoax untuk keselamatan diri sendiri maupun orang sekitar.

Dia melanjutkan, masyarakat memiliki kecenderungan untuk langsung menyebarkan setiap informasi dan itu dilakukan tanpa memeriksa kebenaran informasi yang didapat.

"Dengan memiliki pengetahuan jurnalistik tentang cara mencegah penyebaran hoaks maka diharapkan masyarakat dapat memfilter kebenaran dari sebuah berita tersebut sebelum membagikannya," tuturnya Wabup Biak Numfor Calvin Mansnembra.

Meski begitu, Calvin mengakui bahwa era teknologi digital menjadi faktor penyebab warga dengan mudah mendapatkan informasi berita di media sosial.

Calvin berharap, penyelenggaraan workshop jurnalistik untuk menambah pengetahun bagi mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat ketika mahasiswa terlibat menjadi peliput berita.

Pemkab Biak Numfor, lanjut dia, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo dan Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) Papua serta para narasumber karena terlibat berbagi ilmu jurnalistik kepada mahasiswa dan masyarakat umum lainnya.

"Pemkab Biak Numfor memberikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo dan IJPN sudah merealisasikan kegiatan lokakarya jurnalistik bagi mahasiswa di Biak," tandas dia. | Rian

Posting Komentar

0 Komentar