TPNPB Tembak Satu Orang dan Bakar Gudang Beras di Kabupaten Puncak

kkb_papua_tembak_warga_sipil_di_pucak_papua
Salah satu anggota TPNPB saat latihan menembak

Puncak | Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) diberitahukan menembak warga sipil di Komplek Pasar Tradisional Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (23/8/2023) malam.

Dikatakan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo, penembakan itu terjadi sekitar pukul 18.40 WIT, saat korban bernama Lukman Ahmad (32) sedang berada di kios miliknya.

Tidak lama kemudian, kata Prabowo, korban mendengar suara jejak langkah orang mendekatinya dan langsung menembaknya menggunakan senjata laras pendek.

"Saat aparat keamanan TNI-Polri merespons suara tembakan, korban ditemukan terluka dan berdarah di kepala, namun kondisinya masih sadar," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Hingga saat ini belum ada keterangan atau tanggapan dari pihak TPNPB terkait pernyataan Polda Papua.

Tim gabungan TNI-Polri, kata Prabowo, sempat melakukan penyisiran di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) namun tidak berhasil menemukan keberadaan pelaku.

Ditambahkan Prabowo, Pasca penyisiran itu tim gabungan kembali mendapatkan laporan telah terjadi pembakaran bangunan Gudang Beras milik Pemda Puncak.

Di lokasi pembakaran tersebut aparat kembali menerima laporan warga bahwa terdapat suara tembakan pistol yang diduga berasal dari senjata yang sama untuk menembak Lukman Ahmad.

Dampak dua kejadian tersebut, Prabowo mengatakan aparat gabungan tengah memperketat penjagaan di wilayah Distrik Ilaga.

Selain itu, petugas pun sudah dikerahkan untuk mulai menyelidiki dalang aksi serangan tersebut.

"Terdapat kekhawatiran bahwa situasi di sekitar Kompleks Pasar Tradisional Ilaga masih rawan, sehingga tindakan pengamanan dan patroli terus dilakukan," tuturnya.

"Kami juga tengah melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi pelaku serta motif di balik dua kejadian ini," imbuhnya. | Timo

Posting Komentar

0 Komentar