Bantu Keuangan TPNPB-OPM, Kepala Distrik Kenyam Musianus Mijele Ditangkap Tim Satgas Damai Cartenz

kepala_distrik_kenyam_musianus_mijele_ditangkap
Kepala Distrik Kenyam Musianus Mijele

Jakarta | Satgas Damai Cartenz menangkap Kepala Distrik Kenyam, Nduga, Papua Pegunungan, Musianus Mijele (37) karena terlibat membantu pendanaan pembelian senjata dan amunisi milik Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadani mengatakan, penangkapan Musianus dilakukan pada April lalu dan hingga saat itu masih dilakukan pendalaman keterlibatannya.

"Kita mengamankan salah satu pejabat daerah yaitu atas nama MM yang merupakan kepala distrik dari Kenyam," ujarnya dalam keterangan video yang dibagikan, Jumat (5/2/2023).

"Di mana yang bersangkutan membantu kelompok KKB (TPNPB-OPM, Red) dengan sejumlah uang," lanjutnya.

Faizal menambahkan penangkapan terhadap Musianus Mijele juga merupakan hasil dari pengembangan kasus sebelumnya.

Lewat pengembangan tersebut, kata Faizal, kemudian diketahui Musianus sempat memberikan uang sebesar Rp30 juta kepada TPNPB dan yang digunakan untuk membeli amunisi.

Lebih lanjut, ia mengatakan temuan tersebut juga sesuai dengan pernyataan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri sebelumnya yang mencurigai KKB didukung oleh sejumlah pejabat pemerintah daerah.

Faizal juga memperingatkan kepada semua pihak untuk selalu waspada atas keterlibatan Kepala Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Ini harapannya menjadi warning bagi kita semua untuk kita lebih concern dan juga lebih waspada terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok kriminal bersenjata," jelasnya. | Ed

Posting Komentar

0 Komentar